Jenis-Jenis Lensa

Posted by Catatan Upi Label:


Berbicara mengenai fotografi, maka kita pun berbicara mengenai lensa. Karena, dengan adanya lensa, suatu cahaya dapat difokuskan sehingga mampu menangkap gambar ke media penangkap atau film. Ada berbagai jenis lensa kamera DSLR yang biasa digunakan oleh para fotografer, yaitu:
a.       Lensa Normal (Standar).
Lensa ini memiliki panjang fokus yang sama dengan pandangan mata manusia, yaitu 50mm. Lensa ini merupakan lensa yang lazim dan umum dipakai dengan ukuran lubang sekitar f/1.2-f/1.8. Lensa ini cocok untuk memotret portrait.



b.      Lensa Sudut Lebar (Wide Angel).
Lensa berjangkauan lebar ini cocok untuk memotret pemandangan, landscape, dan arsitektur. Teknik untuk menggunakan lensa ini harus diperhatikan karena semakin kita dekat dengan objek, objek itu akan menjadi lebih terdistorsi.

 
c.       Lensa Makro.
Lensa ini biasanya digunakan untuk membuat foto makro atau hal-hal yang detail dari sebuah objek. Panjang fokusnnya ada yang 50mm dan 200mm.


d.      Lensa Potret Jarak Jauh (Lensa Tele).
Lensa yang panjang ini cocok digunakan untuk memotret kehidupan liar dan dunia fotografi, terutama ketika para pemain bola yang sedang menggiring bola. Ada beberapa ukuran lensa tele, di antaranya: 85mm, 100mm, 135mm, 200mm, 300mm.


e.      Lensa Sudut Super Lebar (Super Wide Angel).
Nama lain dari lensa ini adalah lensa fisheye atau lensa mata ikan. Lensa ini memiliki sudut pandang sebesar 180° horisontal dengan jangkauan yang sangat luas dan terkadang menimbulkan distorsi. Lensa ini cocok digunakan untuk memotret film skateboarding.



f.        Tilt Shift Lens.
Lensa ini lazim digunakan di arsitektur fotografi yang memiliki banyak fitur, seperti untuk menghindari terjadinya distorsi, memperbaiki distorsi, mengontrol fokus dan kedalaman lapangan.




 Sumber:



0907168

0 komentar:

Posting Komentar