Jenis-Jenis Kamera

Posted by Catatan Upi Label:


Karena fotografi terus mengalami perkembangan, maka jenis kameranya pun semakin bervariasi. Ada berbagai jenis kamera yang kita ketahui secara umum, yatitu:
1.       Kamera Saku atau Digital Pocket Camera
Kamera jenis ini merupakan kamera yang paling sederhana. Biasanya para awam fotografer menggunakan kamera ini karena penggunannya yang lebih mudah dibandingkan dengan jenis kamera lainnya. Kamera ini berukuran kecil sehingga gampang di bawa ke mana-mana. Harganya pun lebih murah dari pada jenis kamera lainnya, tapi aplikasi yang ada belum terlalu lengkap.


2.       Kamera SLR atau kamera semi professional
Kamera SLR adalah jeni kamera fotografi profesional yang masih menggunakan film atau klise sebagai media penangkap gambar manual. Dengan menggunakan lensa fixed atau lensa zoom, kamera SLR dapat menangkap gambar dengan resolusi sangat tinggi dan detail. Jika Anda ingin mendapatkan gambar yang bagus dengan harga yang murah, yaitu sekitar 5-6 juta, maka kamera ini adalah pilihannya karena fungsi kamera ini hampir sama dengan kamera DSLR, bedanya lensa kamera ini tidak bisa diganti (interchangeble).

3.       Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex)
Kamera DSLR merupakan kamera yang canggih dan profesional. Kamera ini dapat menghasilkan kualitas gambar dengan resolusi yang sangat tinggi dan foto yang sesuai kebutuhan kita. Biasanya, kamera ini digunakan oleh para fotografer handal yang memang benar-benar memahami seluk-beluk dunia fotografi. Karena ada banyak sekali fungsi dan aplikasi yang harus kita pahami, jadi ga asal jeprat-jepret aja. Harga yang ditawarkannya pun cukup tinggi.


4.       Kamera Medium Format.
Kamera ini digunakan untuk mencetak foto yang ukurannya mencapai billboard, papan iklan, atau poster. Dalam kamera ini, medium penyimpanannya ada yang masih menggunakan kaca, ada juga yang menggunakan sensor digital. Bahkan ada yang menggunakan film juga. Semua tergantung pada minat masing-masing fotografer.


5.       Kamera Large Format.
Kamera ini menghasilkan ukuran gambar jauh lebih jelas dan lebih besar dari pada kamera medium format. Biasanya digunakan oleh fotografer yang hendak membuat iklan dengan kualitas foto yang bagus.



Sumber:

 

0907168

0 komentar:

Posting Komentar